Memasuki 6 bulan itu tandanya bayi mulai diperbolehkan untuk mengenal jenis makanan, namun tetap disarankan yang memiliki nutrisi baik. Karena kebutuhan nutrisi yang terus banyak, membuat ibu harus paham jenis makanan apa saja yang bisa dan boleh untuk dikonsumsi. Ada baiknya makan buah dan sayuran sehat atau yang paling utama kebutuhan mengenai karbohidrat, protein, lemak dan vitamin lainnya terpenuhi. Dari segala jenis sayur dan buah yang ada, buah naga menjadi salah satu yang cukup direkomendasikan. Karena didalam buah tersebut terkandung banyak nutrisi baik yang sangat diperlukan oleh tubuh bayi.

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Sebagai ibu yang tidak ingin buah hati makan makanan yang sembarangan, ada baiknya untuk mengecek seperti apa kandungan dalam buah naga. Perlu diketahui jika banyak nutrisi penting yang ada didalam buah tersebut. Mulai dari kandungan vitamin C, mineral, serat tinggi, antioksidan, vitamin A, dan dikatakan sebagai sumber prebiotik alami yang diperlukan untuk perkembangan bakteri dalam usus. Sederet kandungan itulah yang membuat buah naga boleh atau tidak dikonsumsi oleh bayi, apalagi dalam tahapan perkenalan.

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Bayi

Memberikan makanan pada bayi akan sangat disayangkan jika tidak memiliki manfaat atau justru memberikan efek buruk. Namun untuk pemberian buah naga ternyata bermanfaat baik untuk bayi, apalagi dalam membantu tumbuh kembangnya. Nah, berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh bayi yaitu:

1. Melindungi dari radikal bebas.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah naga ternyata bermanfaat untuk melindungi dari berbagai serangan radikal bebas. Hal itu tentu membuat bayi lebih tidak mudah sakit dengan berbagai serangan secara umum.

2. Mampu melindungi kesehatan jantung.

Adanya kandungan vitamin dan mineral dalam buah naga ternyata bermanfaat sekali untuk melindungi serta memperkuat organ jantung. Jika termasuk anak yang tidak aktif, beresiko sekali penyakit jantung.

3. Menjaga kekebalan tubuh.

Bukan saja jeruk, buah naga juga kaya akan kandungan vitamin C yang bagus sebagai sumber kekebalan tubuh. Ini penting, dimana perkembangan si kecil sangat sering mengalami berbagai masalah kesehatan karena ancaman luar. Namun hal itu bisa diminimalisir dengan menggunakan buah kandungan sehat.

4. Memperlancar pencernaan.

Tidak sedikit bayi yang sedang memulai MPASI mengalami sembelit, hal itu sebenarnya wajar. Namun jika tidak kunjung buang air besar itu tandanya perlu penanganan, pilih buah dengan tinggi serat sehingga dapat memperlancar pencernaan seperti buah naga.

5. Menguatkan tulang.

Adanya kandungan mineral dalam buah juga membantu si kecil untuk tumbuh dan berkembang dengan tulang kuat. Ini artinya manfaat buah naga baik untuk melindungi kerusakan tulang atau masalah tumbuh tulang yang kurang maksimal.

6. Menjaga kesehatan mata.

Mata sebagai sumber dunia, inilah kenapa penting untuk menjaga organ yang dianugerahkan satu ini. Salah satunya dengan memenuhi kebutuhan vitamin A yang sangat baik untuk si kecil, selain mencerahkan juga menjernihkan.

Diatas merupakan sederet manfaat yang bisa bayi rasakan ketika mengkonsumsi buah naga, meskipun secara umum masih banyak lagi keuntungannya. Intinya jangan ragu memberikan buah naga bagi si kecil, Anda bisa membuat berbagai olahan seperti smoothies buah naga, pudding buah naga, es krim buah naga dan masih banyak lagi lainnya. Untuk mendapatkan buah naga yang berkualitas, bisa Anda belanja di TaniHub. Dimana menyediakan banyak produk berkualitas bagus langsung hasil dari para petani lokal Indonesia.